(foto/istimewa)


Dimensintb.com, Lombok Timur - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) bersama kantor OJK Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berupaya mendorong akselerasi literasi dan inklusi keuangan yang merata dan setara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lotim.

Dalam sambutannya Penjabat (Pj) Bupati Lotim HM. Juaini Taofik memuji kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024, karena memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

"Kami berterima kasih karena Lotim terpilih menjadi tuan rumah pada kegiatan Pasar Keuangan Rakyat (PKR) yang merupakan rangkaian peringatan BIK tahun 2024," ungkap Pj Bupati HM. Juaini Taofik, pada PKR yang berlangsung di Taman Rinjani Selong, Jumat (18|10).

Pj Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada OJK, BI dan seluruh lembaga keuangan mitra yang telah mendukung keberhasilan program unggulan TPAKD Lotim yaitu Lotim Berkembang. 

Program yang berhasil menjadi program TPAKD terbaik untuk Kategori Peternakan pada tahun 2022 tersebut berhasil membuka akses modal perbankan bagi para peternak dengan nilai pinjaman mencapai lebih dari Rp. 100 miliar.  

Ia berharap program yang kemudian diperluas bagi UMKM itu dapat terus berjalan dan ditingkatkan kualitasnya di masa-masa mendatang. 

"Lotim Berkembang juga menjadi salah satu jalan bagi masyarakat untuk mengenal dan mengakses sendiri layanan perbankan," ungkapnya.

Kepala OJK Provinsi NTB Rudi Sulistyo menyampaikan pihaknya terus berupaya mendorong akselerasi literasi dan inklusi keuangan yang merata dan setara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lombok Timur.

Ia menyebut inklusi dan literasi keuangan berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah yang akhirnya berdampak kepada masyarakat. Sembari berharap literasi keuangan di daerah ini terus meningkat, Ia pun memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang sudah terlibat terutama pemerintah daerah, dan kedepannya berharap OJK dapat memberikan kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi di daerah ini, khususnya dan NTB secara umum.

Pemukulan gong oleh Pj. Bupati dan Kepala Kantor OJK Provinsi Nusa Tenggara Barat menandai dibukanya BIK 2024 secara resmi.  Pembukaan tersebut dihadiri pula Ketua DPRD, Forkopimda, perwakilan BUMN dan BUMD, serta sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemda Lombok Timur.

Acara yang berlangsung selama tiga hari itu dirangkaikan dengan berbagai macam kegiatan seperti donor darah, promo produk keuangan, festival kesehatan, edutainment, bakti sosial, product matching, kompetisi, pasar murah, hingga konser musik.(*)