Momen foto bersama Panitia semarak kegiatan HUT ke-14 Desa Dames Damai, pada acara puncak Jalan sehat.

Dimensintb.com, Lombok Timur - Rangakaian Jalan sehat ini merupakan salah satu rangkaian acara semarakkan hari ulang tahun (HUT) ke-14 Desa Dames Damai, Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur.


Dalam kegiatan jalan sehat ini, rangakaian semarak HUT ke-14 Desa Dames Damai Kecamatan Suralaga yang dimotori langsung oleh karang taruna dengan berkolaborasi dengan pemerintah desa, dengan siapkan sejumlah Hadiah Door Prize lainya.


Sebelumnya, beberapa rangakaian kegiatan digelar yaitu salah satunya Pawai Nyion (Nyunggi-red) Dulang dan Nyuru (istilah bahasa setempat), yang dibawa langsung dengan berjalan kaki oleh masyarakat setempat ke kantor Desa Dames Damai. 


Tidak hanya itu, warga sekitar desa bersama pemerintah desa serta karang taruna desa melakukan gerakan penanaman seribu pohon di wilayah Desa Dames Damai dan beberapa kegiatan lainya, dan termasuk kegiatan hari ini yaitu jalan sehat bersama.


Menariknya dalam kegiatan jalan sehat ini, nampak puluhan stand UMKM berjejer dengan menampilkan makanan khas mereka dan berjualan kepada para peserta jalan sehat. Dalam kegiatan ini masyarakat dan pemuda sangat antusias mengikutinya.


“Ada bakti sosial, cek kesehatan gratis bagi masyarakat, penghijauan dan pesta rakyat (Jalan Sehat bazar UMKM),” Ujar, Kepala Desa (Kades) Dames Damai Sa’dul Absor, (08/09).


Dikatakan Kades, dalam rangkaian HUT ke-14 Desa Dames Damai di gelar Parade Dulang. Parade dulang ini sendiri pertama kali diadakan dengan dikuti oleh karang taruna. Selain itu, dalam kemeriahan HUT Desa pihaknya juga mengundang artis lokal untuk menghibur masyarakat setempat.


“Sanggar seni gendang belek, klenang nunggal Hadroh, seni tari ada juga UMKM yang di tampilkan," kata Kades seraya sebutkan bahwa masyarakat desa juga memiliki hasil produk pertanian yaitu tanam cabai dan pepaya california, dan suda kirim hasil panen ke Sumbawa, Bali dan Jawa.


Dijelaskan, kegiatan jalan sehat bersama ini merupakan puncak kegiatan. “Hari ini puncak kegiatannya dalam pesta rakyat ini untuk jaln sehat bersama. Kegiatan ini di laksanakan tiga hari sejak tanggal 6-8,” jelasnya.


Sementara disinggung terkait program yang menjadi prioritas desa saat ini, Sa’dul Absor, ungkapkan pemerintah desa fokus di pelayanan dasar, infrastruktur fital di dusun itu sudah bagus dan baik. Pelayanan dasar (admin-red) saat ini sedang berproses secara perlahan, khusunya perbaikan data masyarakat karena beda nama dan lainya sebagainya.


Hal itu menjadi atensi, “Tahun sebelumya 20% dan sekarang peningkat 60% untuk Infrastruktur fital di dusun. Tahun ini kita fokus untuk Infrastruktur di jalan usaha tani agar akses para petani kami yang keluar masuk lebih aman nyaman,” tandasnya.(*)