(foto/istimewa)

Dimensintb.com, Lombok Timur - Wahana Visi Indonesia (WVI) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur kukuhkan pengurus Forum Anak Desa (FAD) Seruni Mumbul Kecamatan Pringgabaya, melalui Program Project  Mangrove Adaptive And Resilient Village For Enhanced Livelihoods  (Marvel Project), yang Bertempat di Auditorium Kantor Desa Seruni Mumbul pada hari Rabu (4/9).

Sebelum kegiatan ini terselenggara, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi dan koordinasi terkait peran Remaja, dan Pemuda. Atas itu, sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

Sehingga Pihak Pemerintah Desa Seruni Mumbul selaku tuan rumah bersama WPI dilakukan pengukuhan secara resmi  pengurus FAD Mumbul sebagai wadah partisipasi dan peningkatan peran anak terkait isu anak, lingkungan dan perubahan iklim.

Turut hadir dalam Acara Ini Kepala Bidang Perlindungan Anak di DP3AKB Lombok Timur Husnul Hadi, Kepala UPTD DP3AKB Kecamatan Pringgabaya Jalaluddin, Kepada Desa Seruni Mumbul Tajuddin MS, Sekdes Seruni Mumbul Bambang Nurdiansyah, S.Kom, Ketua BDP Desa Seruni Mumbul H.Sarjan, S.Pd, Pengurus Pokdarwis, Karang Taruna, Mahasiswa KKN Kelompok 9 ITSkes Muhammadiyah Selong, unsur Pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Kepala UPTD DP3AKB Pringgabaya Jalaluddin SKM sampaikan pembentukan FAD Desa Seruni Mumbul adalah Satu-Satunya Forum yang ada di Kecamatan Pringgabaya.

Dikesempatan itu pula, berharap kedepan apa yang sudah terbentuk pada hari ini membawa dampak yang positif bagi anak, remaja dan generasi muda khusunya di lingkungan Desa Seruni Mumbul. 

"Pengukuhan FAD Desa Seruni Mumbul Ini Satu-satu y yang ada di Kec.Pringgabaya, Kalian adalah pelopor yang akan Memberikan contoh bagi anak-anak ke depan khususnya di Pringgabaya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Seruni Mumbul menyampaikan rasa optimisme terhadap terbentuknya FAD ini. "tiga tahun kami membina putra putri kami ini (pengurus FAD-red), dalam program pembinaan pemuda generasi gemilang dengan tujuan menjadikan mereka orang-orang tangguh. sekarang giliran mereka yang akan berbuat untuk membangun desa terutama di bidang pemberdayaan anak" ungkapnya. 

"Saya sangat optimis mereka mampu menjadi pelopor Cita cita kami menjadi Desa yang Ramah Anak dan Perempuan" imbuhnya.

Sebagai informasi, berdasarkan surat keputusan (SK) Kepala Desa Seruni Mumbul Nomor 188.45/27/KDS.SRMB/ 2024 Tentang Pembentukan Kepengurusan Forum Anak Desa Seruni Mumbul Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur Masa Bakti 2024 - 2026.

Adapun Struktur kepengurusan FAD dan divisi-divisi sebagai berikut, Ketua Umum Ayasha Octora, Wakil Ketua Windia Lestari, Sekertaris 1 M.Ikhsan Zuhri, Sekertaris 2 Patimah, Bendahara 1 Yosita Amelia,  Bendahara 2 Nia Lestari Ramjani, Divisi Data & Dokumentasi Koordinator Nadia, Divisi Hukum dan Event Management Koordinator  M.Ali Akbar Rof Sanjani, Divisi Kreatif dan Koordinator Siti Azura, Divisi Informasi Koordinator Moh. Ardian.(*)