Konferensi Pers PBNW, pada Deklarasi Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur, Suryadi Jaya Purnama dan TGH
Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin di Pilkada 2024.

Dimensintb.com, Mataram - Mengejutkan, jelang pendaftaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) Lombok Timur 2024, dukungan Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) terjawab sudah. Teka teki dukungan PBNW di umumkan pada H-1 dengan merestui pasangan calon (Paslon)  SJP-Fatihin.

Dengan munculnya Paslon SJP-Fatihin seolah-olah memberikan penegasan, karana sebelumnya PBNW digadang-gadang mendukung pasangan Iron-Edwin. Pun dengan arah politik Suryadi Jaya Purnama (SJP) dan PKS.

Anggota DPR RI itu sebelumnya digadang-gadang akan berpasangan dengan H Nasruddin, yang tak lain mantan Kakanwil Kemenag NTB.

Ketua Umum PBNW TGKH Lalu Muhammad Zanuddin Atsani, di depan awak media menyampaikan, sesuai hasil konsolidasi hari ini, pihaknya putuskan dan merestui TGH Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin untuk maju dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Lombok Timur.

"Kami dari PBNW bersama jajaran pengurus sudah merestui Paslon SJP-Fatihin untuk maju pada Pilkada Lombok Timur," kata Ketum PBNW, Senin (26/08).

Lebih Lanjut Atsani, pihaknya sebelumnya juga sudah membangun komunikasi dengan Partai Gerindra, untuk Lombok Timur tidak bersama calon dari partai.

"Kami komunikasi dengan Gerindra tetap baik. Hanya saja, untuk Lombok Timur kami mohon izin untuk memasang calon sendiri," tuturnya.

Sementara itu, pihaknya menegaskan untuk proses pendaftaran sendiri, pasangan SJP-Fatihin akan ke KPU pada Kamis 29 Agustus 2024.

Munculnya pasangan ini menjadikan konestasi Pilkada Lombok Timur ada empat calon. Di mana sebelumnya ada pasangan Iron-Edwin, Rumaksi-Sukisman, Luthfi-Wahid dan SJP-Fatihin.(*)