Hutan Produksi yang dikelola oleh PT Sadhana Arifnusa di Desa Padak Goar, Kecamatan Sambelia, Jumat siang (9|8) mengalami kebakaran.

Dimensintb.com, Lombok Timur - Puluhan hektar hutan Produksi yang dikelola oleh PT Sadhana Arifnusa di Desa Padak Goar, Kecamatan Sambelia, Jumat siang (9|8) mengalami kebakaran.

Kebakaran terjadi di hutan RTK 1 Gunung Rinjani HPP33,34 dengan titik koordinat X : 467001-Y : 9070513 yang dikelola PT Sadhana Arifnusa. Sedangkan penyebab kebakaran belum diketahui karena masih dalam penyelidikan petugas kepolisian.

Sementara kasus kebakaran tersebut baru bisa dipadamkan sekitar pukul 19.00 wita setelah petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi. Dengan dibantu petugas kepolisian,TNI, Personel RPH Sambelia.

Kapolsek Sambelia, Iptu Fathul Munir saat dikonfirmasi membenarkan adanya kasus karhutla yang berada di hutan produksi yang kelola PT Sadhana Arifnusa termasuk juga lahan milik masyarakat mengalami kebakaran.

"Penyebab kebakaran masih sedang kami lidik, tapi sudah bisa dipadamkan," tegasnya.

Ia mengatakan meski jarak lokasi kebakaran dengan pemukiman penduduk sangat dekat akan tapi tidak sampai mendekati pemukiman penduduk,karena api dengan cepat bisa dipadamkan.

Sementara yang pertama kali melihat adanya kebakaran penjaga lahan milik PT Sadhana Arifnusa yang kemudian melaporkan secara berjenjang yang kemudian sampai ke pihaknya untuk ditindaklanjuti.

"Sebelum petugas Damkar datang kami melakukan pemadaman dengan menggunakan alat seadanya,apalagi kondisi lahan dengan dipenuhi semak-semak," ujarnya seraya mengatakan api semakin besar dan meluas karena angin kencang.

" Tiga unit pemadaman kebakaran diterjunkan baru api bisa dipadamkan akan tapi tidak ada korban dalam musibah tersebut," tambah Kapolsek Sambelia.(*)