(foto/istimewa)

Dimensintb.com, Lombok Timur - Kodim 1615/Lotim tengah mempersiapkan dalam rangka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 tahun 2024, yang rencananya akan berlangsung selama bulan di dua Desa.


Rencananya kegiatan TMMD dilaksanakan di Desa Loyok Kecamatan sikur dan Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Kegiatan akan berlangsung mulai 24 Juli sampai dengan 22 Agustus 2024. 


Demikian dikatakan Dandim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro kepada wartawan usai kegiatan Coffe Morning bersama dengan Insan media yang berlangsung di Bale Langgak, Selong. 


"Untuk percepat kegiatan ini, kami hampir satu bulan sudah melaksanakan kegiatan pra TMMD yang berada di desa Loyok dan Kesik," ungkapnya pada Rabu (17|7).


Lebih jauh dikatakan, sasaran dari kegiatan TMMD ini sendiri adalah pembuatan talut irigasi yang berada di Desa Loyok. Akan tetapi dari sasaran tersebut ada beberapa sasaran tambahan kegiatan antara lain   Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), rehab TPQ, rehab musholla, pembuatan MCK dan pembukaan jalan.


Selain itu, salah satu program dari KASAD Angkatan Darat (AD) dalam TNI manunggal dengan air. Sehingga pihaknya melakukan komunikasi dengan Pemda dengan rencana membuat sumur bor untuk masyarakat di Desa Loyok dan Kesik.


"Untuk sumur bor, rencana kita akan buka di dua titik yaitu desa Kesik dan Loyok, untuk RTLH 3 unit, TPQ 1 unit , Musholla 1 dan MCK 2 unit dan pembukaan jalan satu titik," terangnya.


Pembukaan jalan sendiri titiknya di Desa Loyok dengan panjang kurang lebih 150 meter. Sedangkan untuk sumur bor akan di dua Desa tersebut, karena memang kedua tempat itu sangat membutuhkan air bersih.


"Kami saat bersama Kabid PUPR Lotim langsung meninjau ketempat, memang disitu sebenarnya sangat kekurangan air dan ini air bersih untuk diminum, tapi kalau untuk nyuci banyak," cetusnya.


Sementara untuk pembuatan MCK di lokasi TPQ dan di Musholla, karena lokasi itu tidak ada MCK. Sehingga dengan melakukan rehap TPQ dan Musholla sekaligus membangun MCK di lokasi tersebut.


"Jadi kita berupaya merehab TPQ dan musholla sekaligus membangun MCKnya," terangnya.


Sementara total peserta, tambahnya, bahwa dari personil TNI sendiri yang mengikuti kegiatan TMMD ini berjumlah 150 personil. Akan tetapi dalam kegiatan TMMD juga dari masyarakat akan bergabung untuk sukseskan kegiatan ini.


"TMMD ini seluruhnya di ikuti 150 Personil, ya nantinya gabungan dengan masyarakat tentunya," tandasnya.(*)