Danrem 165/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, saat memberikan keterangan dihadapan awak media usai hadiri apel upacara pembukaan TMMD di Lapangan Gelora Sikur.

Dimensintb.com, Lombok Timur - Danrem 165/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, menegaskan salah satu tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah Kemanunggalan TNI dengan rakyat, artinya dengan kegiatan TMMD tersebut kemisteri TNI dengan masyarakat terbangun.


"Percuma kita bangun sasaran fisik dan non fisik kalau tidak ada kemanunggalan atau kemisteri dengan masyarakat yang ada," tegas Danrem dihadapan awak media usai Apel pembukaan TMMD, Rabu (24|7).


Dikatakannya, bahwa hari ini pelaksanaan apal upacara pembukaan TMMD ke -121 dilakukan secara serentak. Sedangkan untuk NTB sendiri dilaksanakan di Lombok Timur, dan kegiatannya dipusatkan di Desa Loyok Kecamatan Sikur dan Desa Kesik Kecamatan Masbagik.


Untuk sasaran kegiatan fisik yang utama dalam kegiatan TMMD adalah program pentalutan saluran irigasi dengan panjang kurang lebih 1600 meter di Desa tersebut, dengan perkiraan ada sekitar kurang lebih 400 Hektar lahan yang memanfaatkannya. 


Selain itu, ada sasaran fisik tambahan yang dilaksanakan dalam TMMD yaitu kegiatan 

program rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), rehap TPQ, Musholla, pembukaan jalan usaha tani dan beberapa program lainya.


Akan tetapi seperti yang disampaikan tadi yang tidak kalah pentingnya adalah selain sasaran fisik adalah bagaimana menyelesaikan atau mencapai target saran non fisik ( Pj Bupati HM. Juaini Taufik -red). 


Sementara program kegiatan TMMD non fisik yaitu penyuluhan-penyuluhan wawasan kebangsaan, paham semangat kebangsaan masyarakat dan khususnya di kabupaten Lotim untuk bagaiman ditingkatkan. 


Selain itu juga ada beberapa program yang saat ini menjadi penyakit masyarakat yang mengemuka ditengah-tengah masyarakat antara lain yaitu Narkoba, Minuman Keras, kriminalitas dan lainnya.


Tentu baik sasaran program fisik maupun program non fisik ini bukan hanya teknis saja menjadi sasaran, tetapi berkolaborasi dengan Pemkab Lotim dari Polres Lotim, Angkatan Laut dan angkatan Udara serta instansi lainya.


"Jadi efisiensi dari aktivitas yang ada terkait anggaran, pekerjaan dan waktu pelaksanaan tidak terlepas darai sinergitas dan kolaborasi dari semua unsur yang ada," jelasnya.


Danrem juga menyampaikan terima kasih ke Pemerintah Daerah Lombok Timur  yang  yang sudah mendukung sehingga kegiatan TMMD bisa terselenggara, dan terima kasih juga kepada semua yang sudah terlibat dalam pelaksanaan TMMD tersebut.


"Saya sampaikan terimakasih banyak Pak Bupati yang sudah menganggarkan dan kepada semua yang sudah terlibat didalam pelaksanaan TMMD ini," tandasnya.(*)