(foto/istimewa)


Dimensintb.com, Lombok Timur - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Selong Periode 2024 -2025 secara resmi dilantik, bertempat Ballroom Kantor Bupati Lombok timur (Lotim) pada Sabtu (13/07). Pelatikan di hadiri langsung oleh PB HMI, di Lantik langsung oleh Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PB HMI Andi Kurniawan. 


Hadir juga pada pelantikan tersebut adalah Penjabat Bupati Lotim HM. Juani Taofik, Presidium MW KAHMI NTB Saprudin, Presidium MD KAHMI Lotim, MPK PB HMI kanda Hamdan Kasim. Serta turut juga hadir Alumni HMI litas generasi dari berbagi Cabang Seluruh Indonesia, dan semua OKP dan BEM Universitas se Kabupaten Lotim.


Pada kesempatan itu, Pj Bupati Lombok Timur HM Juani Taufik dalam sambutannya menyampaikan pemerintah daerah selalu terbuka kepada organisasi kepemudaan.


"Kami siap bersinergi dalam setiap kegiatan kemahasiswaan dan Kepemudaan dan HMI Cabang Selong, semoga istiqomah sebagai organisasi yang mitra kerja dan mitra kritis untuk mewujudkan Lotim Berkemajuan," ungkapnya.


Ditempat sama Kordinator Presidium MD KAHMI Lotim dr. Kurnia Akmal, ungkapkan bahwa KAHMI memberikan pesan kepada  kepengurusan yang baru saja dilantik.


Antara lain, pertama selalu menjadikan ADRT sebagi panglima tertinggi dalam setiap pengambilan keputusan organisasi. Kedua, mengingat organisasi HMI berfungsi sebagi Organisasi Perkaderan kepengurusan baru harus menjadi prioritas dalam menyusun program kerja kedepannya.


Selain itu, pada momentum pelantikan juga di gelar orasi kebangsaan disampaikan Dr. Drg Arif Rasyid Hasan selaku Ketua Umum PB HMI Periode 2013 - 2015. Dikesempatan tersebut menekankan amanah adalah harga diri dan tujuan organisasi HMI sebagai pegangan utama kepengurusan yang baru di lantik dalam memformulasikan kerja-kerja organisasi baik secara internal maupun eksternal.


Sementara dalam pidatonya Ketua Umum HMI Cabang Selong M. Junaidi juga mengungkapkan tentang bagaimana Eksistensi kebenaran atas keberadaan HMI sama halnya dengan gelombang yang diinterpretasikan monitor hemodinamik dan saturasi tersebut. 


" Jadi jika bergelombang zik zak berarti masih hidup (ada) dan jika datar tidak bergelombang bisa di simpulkan sudah mati (tidak ada)," katanya.


Oleh karena itu setelah secara resmi dilantik menjadi pengurus HMI Cabang Selong Periode 2024-2024, Kepengurusan HMI Cabang Selong akan mencoba memformulasikan pola pengkaderan yang menyesuaikan dengan budaya yang ada di Lotim yang dikenal sebagai kota santri dan mengedepankan perkaderan yang sesuai dengan potensi kader di masing masing komisariat secara intelektualnya.


Sedangkan di bagian kerja-kerja Eksternal HMI Cabang Selong mencoba memformulasikan HMI Berkarya, HMI Bermitra, Kelas Profesi dan Pesantren Kilat.


Ditegaskan M. Junaidi, dalam menyikapi setiap momentum politik yang ada dan apapun jenisnya. HMI secara organisasi diharamkan untuk menyatakan sikap atas keberpihakan terhadap setiap Paslon yang terlibat dalam momentum politik.  


"Ini sudah di atur dalam konstitusi HMI pasal 6 HMI sebagai organisasi independen apapun secara personal kader aktif bebas dalam memilih pemimpin," ujarnya.


Oleh karena itu, tambahnya, kepengurusan HMI Cabang Selong Periode 2024-2025 mencoba menyusun gerakan Internal dan Eksternal yang harus dilandasi dengan nafas perjuangan organisasi dengan komitmen keislaman dan ke-indonesiaan.(*)