(foto/istimewa)

Dimensintb.com, Mataram – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) NTB sukses menggelar kuliah umum bertema “Menghadapi Tantangan Global dengan Sinergi dan Inovasi” di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, Senin, 22 Juli 2024.


Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum HIPMI NTB I Putu Dedy Saputra dan jajaran HIPMI NTB. Hadir juga pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram yang dalam hal ini diwakili Dekan FEB UNRAM DR. Ihsan Ro’is, ST, M.Si, ratusan mahasiswa, dosen, dan para pelaku usaha muda di wilayah NTB. 


Dalam sambutannya, Ketum HIPMI NTB Dedy menyampaikan pentingnya menanamkan jiwa kewirausahaan sejak mahasiswa karena dengan menjadi pengusaha adalah pilihan yang paling realistis. 


"Indonesia mendorong terciptanya pengusaha baru dengan target rasio 1 juta pada kewirausahaan pada 2024 dan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 target rasio kewirausahaan sehingga menjadi 12% yang merupakan persyaratan utama sebagai negara maju, yang saat ini Indonesia hanya memiliki rasio kewirausahaan sebesar 3,47%," kata Dedy. 


Sementara, Dekan FEB UNRAM, Ihsan Ro’is,dalam sambutannya mengatakan kunci sukses di era globalisasi saat ini adalah sinergi dan kolaborasi. Selain itu pola pikir menjadi seorang pengusaha juga harus terus diasah sejak muda. 


“Pentingnya sinergi dan kolaborasi menjadi kunci pengusaha yang sukses di era global saat ini, mendorong lahirnya mindset entrepreneurship perlu ditanamkan sejak awal," ujarnya. 


Dia mengimbau pengusaha muda untuk terus mengasah kredibilitas, integritas dan mentalitas menjadi seorang pengusaha. 


"Pengusaha muda harus mempersiapkan diri dari sisi mentalitas, kredibilitas dan integritasnya sebagai modal awal dalam membangun jaringan sinergi dengan memanfaatkan cara-cara yang inovatif atau mengikuti trend perkembangan zaman," ujar Ihsan. 


Ihsan Ro’is, juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif HIPMI NTB dalam menyelenggarakan kuliah umum ini. 


"Kami sangat mendukung kegiatan yang dapat membuka wawasan mahasiswa tentang pentingnya sinergi dan inovasi dalam dunia bisnis. Harapannya, acara ini dapat memotivasi mahasiswa untuk menjadi pengusaha muda yang tangguh dan kreatif," ujarnya.


Kuliah umum ini juga menghadirkan narasumber Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, DR. L. Edy Herman M, MM.


Hadir juga, Calon Ketua Umum HIPMI NTB 2024-2027 Azizah Awaliah Hadi dan Ismed Fathurrahman Maulana. Dalam presentasinya. Keduanya menekankan pentingnya sinergi antara berbagai sektor dan inovasi sebagai kunci untuk menghadapi tantangan global. 


"Di era globalisasi ini, kolaborasi antar sektor dan inovasi tiada henti adalah kunci utama untuk bertahan dan berkembang," kata Ismed.


"Dengan inovasi menjadi kunci utama kita untuk menghadapi tantangan ekonomi global saat ini," ujar Azizah. 


Sesi tanya jawab menjadi bagian yang sangat dinanti oleh para peserta. Mahasiswa Universitas Mataram tampak antusias dalam mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan narasumber. Pertanyaan yang diajukan mencakup berbagai aspek, mulai dari strategi inovasi hingga kolaborasi antar sektor.


Ketua HIPMI NTB, I Putu Dedy Saputra, mengungkapkan bahwa tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan inspirasi agar mereka siap menghadapi tantangan global. 


"Kami ingin membangun generasi pengusaha muda yang tidak hanya kreatif, tetapi juga mampu bersinergi dengan berbagai pihak untuk menciptakan inovasi yang berdampak besar," katanya.


Dengan suksesnya penyelenggaraan kuliah umum ini, diharapkan akan lahir lebih banyak pengusaha muda dari Universitas Mataram yang mampu bersaing di kancah global melalui sinergi dan inovasi. 


Selain kuliah umum, juga dilaksanakan penandatangan MoU HIPMI NTB dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram tentang Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi dan Kegiatan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 


Hal ini sebagai bentuk kongkrit kolaborasi HIPMI NTB dan FEB UNRAM dalam meningkatkan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi untuk menciptakan lulusan-lulusan yang unggul dan berdaya saing. 


Sebagai informasi, HIPMI merupakan organisasi yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan kewirausahaan di Indonesia. 


Melalui berbagai program dan kegiatan, HIPMI mendukung pengusaha muda untuk tumbuh dan berdaya saing di pasar global, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan usaha dan inovasi.(*)