(foto/istimewa)


Dimensintb.com, Lombok Timur - Setelah Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur menerapkan sistem pembaca meter dan kemudian pihak PDAM memberikan reward kepada para pembaca metet, cara ini tunjukan hasil yang positif dari target yang sudah ada dengan pembacaan yang benar, baik dan akurat.

Demikian dikatakan Helmy Eka Saputra Plt Dirum PDAM, saat temui di kantornya dan wawancara media ini di kantornya, (20/04).

"Sekarang pembaca meternya sudah berjalan dengan baik dari terget target meter yang harusnya di baca sudah baik dan benar sesuai dengan kriteria yang kita terapkan,” katanya.

Dengan cara ini, ditegaskannya Helmy, tidak lagi memprediksi angka-angka itu sekarang sudah tertib sesuai dengan penggunaan pelanggan sudah terbaca di sistem.

Melalui hal itu dapat di ketahui melalui sistem berapa angka penggunaan pelanggan tersebut melalui laporan dari pembaca meter.

"Mereka mendatangi pelanggan kita dan memfoto water meter yang ada di rumah pelanggan dan di laporkan langsung ke induk sebagai pengguna langganan,” jelasnya.

Dampaknya sangat positif sekali tentunya, dengan pembaca meter yang sekarang, penggunaan air dari pelanggan untuk yang sekarang sangat terukur tidak menerka-nerka.

"Untuk peningkatan pemasukan, nantinya tergantung tim penagihan, karena disini terbagi dari beberapa tim ada pembaca meter setelah water meter terbaca tim penaggihan akan menyusul untuk menyampaikan ke pelanggan,” ujarnya.

Lebih lanjut kata dia Helmy, Dari hasil pembaca meter tersebut otomatis sudah akan ada penambahan, artinya di laporan triwulan meskipun ada penurunan di bulan Maret karena pelanggan mengedepankan kebutuhan, pelanggan menunda satu bulan untuk pembayaran air.

"Penundaan dari pelanggan itu di lakukan guna memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dan Lebaran,” ungkapnya.

Ia menjelaskan lebih jauh, Ada kebutuhan pokok yang pelanggan utamakan, namun dari pembacaan sendiri sekarang PDAM semakin tertib semenjak mulai di berlakukan semenjak bulan Februari kemarin.

"Kita berlakukan untuk pemberian reward kepada pembaca meter yang berhasil membaca water meter sesuai dengan kriteria yang kita tentukan,”tandasnya.(*)