Presiden RI Ir. H. Joko Widodo saat menghadiri Hut Partai Perindo Ke-8 dan di sambut oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) Ketua Harian DPP Perindo TGB. Dr. HM. Zainul Majdi. (poto/DN)

Dimensintb.com-Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal elektabilitas Partai Perindo dalam survei Litbang Kompas, menurut hasil survei tersebut, Partai Perindo menorehkan angka 4,5 persen.

Hal tersebut di ungkapkan Presiden Joko Widodo dalam sambutannya, saat menghadiri peringatan HUT Partai Perindo ke-8, yang didampingi oleh Mensesneg Pratikno, acara  berlangsung di Inews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, dan disambut oleh Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) Ketua Harian DPP Perindo TGB. Dr. HM. Zainul Majdi, MA, Senin (07/11/2022).

Selain itu, dalam acara tersebut, dihadir pula oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menhan sekaligus Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Plt Ketua Umum PPP Mardiono, dan Sekjen PBB Afriansyah Noor.

Lebih lanjut kata Jokowi, dirinya menilai hal ini prestasi yang cukup membanggakan bagi partai non-parlemen. Terlebih angka 4,5 persen milik Perindo berada di atas tiga partai yang saat ini ada di parlemen.

"Saya melihat terakhir survei Litbang kompas, Partai Perindo itu dapat gede banget lo, 4,5 persen. Hati hati, sudah 4,5 persen, saya cek lagi, saya detailkan lagi, sudah mengalahkan tiga partai yang ada di parlemen. Saya enggak usah menyebutkan partainya apa," kata Jokowi diikuti tepuk tangan peserta yang hadir.

Namun, Jokowi mengaku kaget, akan tetapi kekagetannya tersebut  tampaknya terjawab. Ia  secara eksplisit mengacungi jempol atas langkah politik Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo yang menarik sejumlah tokoh dengan reputasi mumpuni dan memiliki loyalis yang besar. Salah satunya Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo saat ini Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi.

"Saya kaget, tetapi saya maklum setelah hadir di sini tadi kenapa Partai Perindo bisa dapat 4,5 persen. Yang ditarik Pak Hary Tanoe itu orang-orang hebat. Ketua Hariannya Tuan Guru Bajang, beliau ini gerbongnya panjang banget," ungkap Jokowi sembari memberi gestur tangan menggambarkan kata 'panjang'.

TGB yang duduk berdekatan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tampak tenang mendengarkan kalimat Jokowi. Dimana diketahui TGB saat ini menjabat Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia. Juga menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI), ormas terbesar yang basis sentralnya ada di Nusa Tenggara Barat atau NTB.

Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi resmi dilantik menjadi Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo oleh Ketua Umum Partai Perindo Harytanu Sudibyo, pada Sabtu tanggal 6 Agustus 2022 lalu.

Pelantikan diawali pembacaan SK DPP Partai Perindo No 1800/SK DPP Perindo/VIII/2022 tentang Pengangkatan Ketua Harian Nasional Partai Perindo. Surat keputusan itu dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Perindo Hary Tanoesoedibjo menjelaskan alasan penunjukan TGB tersebut. Menurutnya, TGB memiliki pengalaman yang cukup mumpuni untuk menjadi Ketua Harian Nasional DPP Perindo.

"Beliau seorang bisa dikatakan tokoh, ulama, nasionalis, juga sangat mumpuni di birokrat, 10 tahun menjadi gubernur dan sangat mumpuni sebagai anggota Dewan, pernah di DPR RI. Jadi mungkin tadi belum disampaikan latar belakang beliau bahwa umur 23 tahun sudah menjadi anggota DPR RI," kata Hary Tanoe di MNC Center, Menteng, Jakarta Pusat. (*)