Poto: H. Fathul Gani Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB dalam acara sosialisasi di Aula Kantor Desa Paokmotong


DimemsiNTB - Lombok Timur,

Sosialisasi rencana Pembangun Kawasan Industri Hasil Tembakau (LIHT) di eks Pasar Paokmotong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Rabu, (03/08/2022). Bertempat di aula kantor Desa Paokmotong Kecamatan masbagik Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

"Kita berharap dan kita ingin meyakinkan masyarakat terhadap pembangun KIHT yang khusus diperuntukkan untuk bagaiman proses pembuatan dari tembakau bisa menjadi rokok sehingga menghasilkan bercukai,"

Demikian di ungkapkan H. Fathul Gani Kadistanbun Provinsi NTB  kepada awak media usai menghadiri Acara sosialisasi rencana pembangan KIHT di eks pasar Paokmotong.

Ia mengatakan Lombok sudah terkenal dengan   tembakau. dengan hadirnya KIHT tidak hanya sebagai penghasil tembakau, akan tetapi juga bisa penghasil cukai. Sehingga berdampak terhadap pendapatan khusunya Lotim dan NTB akan lebih baik lagi.

Fathul Gani menegaskan kawasan KIHT ini sifatnya semi terbuka. Sehingga hadirnya KIHT  akan mengumpulkan para pengusaha industri penjual yang selama ini menyebar dan termasuk ada laboratorium cukai dikawasan itu.

"Keuntungannya mudah dalam mengawasi, mudah dalam proses pembinaan, tentu akan berdampak terhadap kualitas hasil dan termasuk juga kemudahan dalam cukai," tegasnya.

Ia berharap hadirnya KIHT masyarakat tidak khawatir, karena konsep pembangun ramah lingkungan. Konsepnya terbuka, karena untuk bangunan tembok pagar tidak melebihi dua meter. Selain itu juga berharap kekhawatiran masyarakat cepat atau lambat bisa memahami pembangun ini, sehingga pembangunan KIHT berjalan lancar.

Ia juga pastika pembangunan KIHT ini akan segera dibangun dan rencana bulan Agustus 2022 sudah ada aktivitas pembangunnya.

Sementara terkait SDM pihaknya memastikan akan mengakomodir semua pihak khususnya tenaga Keamanan. selain itu karena dalam kawasan KIHT akan di bangun klinik sehingga akan memproritaskan khususnya di wilayah setempat.

"keamanan akan di manfaatkan SDM setempat atau mungkin atas rekomendasi dari kepala desa misalnya, "sebutnya

Sementara kepala Desa mengatakan dengan adanya acara sosialisasi KIHT ini masyarakat bisa memahami tujuan dari pembangunan ini, selain itu juga memastikan manfaat terhadap masyarakat khususnya Paokmotong dan juga terhadap pembanguan pemerintahan Desa.

"Kami ingin tahu apa dan bagaimana KIHT biar masyarkat lebih paham," tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut Kadistanbun Prov. NTB Drs. H. Fathul Gani, MSi, perwakilan Dinas Pertanian Lotim, Kadis perindustrian Lotim, M. Badran Archid Wakil Ketua III DPRD bersama Anggota DPRD Lotim Ust. Muliadi dan Nirmala Luksanti, Camat Masbagik Drs. H. Muhidin, Kapolsek Masbagik AKP Ery Armunanto, SH, Danramil Masbagik Kapten Inf. Abdul Wahab, Ketua MUI Lotim TGH. Abdul Gani, LC, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tokoh pemuda.(DN/01)