Berbagai macam Kreasi kostum dan Atraksi peserta gerak jalan Gubuk, dalam semarak HUT RI ke 77, Tingkat Kecamatan Masbagik. (Dok/DN) 


DimensiNTB -Lombok Timur,

Masbagik kembali lagi selenggarakan Gerak Jalan Kreasi dalam rangka semarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik indonesia (RI) ke 77 tingkat Kecamatan. Beberapa tahun tidak di selenggarakan karena Gempa dan Covid 19.

Gerak Jalan Kreasi HUT RI ini, di selenggarakan di Kecamatan Masbgaik Kabupaten Lombok Timur, kegiatan tersebut start dari lapangan Desa Paokmotong dan finis dilapangan gotong royong masbagik, Sabtu (27/08).

Sebelum gempa tahun 2018 gerak jalan kreasi atau yg familiar di sebut dengan gerak jalan gubuk istilah bahasa sasak nya sedangkan bahasa Indonesia (Kampung -red) oleh masyarakat Masbagik, rutin di selenggarakan setiap tahun pada bulan Agustus.

Terlihat antusias dengan sangat ramainya warga berbondong memenuhi sepanjang ruas jalan Masbagik untuk menyaksikan kreasi kreasi unik dari para peserta gerak jalan.

Momen peserta dan antusias penonton menyaksikan atraksi peserta

Berbagai macam kreasi kostum terlihat dari para peserta dengan kostum yg unik unik, mulai dari yg menggunakan kostum terbuat dari berpakaian resmi, pakaian adat, pakaian petani dan berbagai macam kreasi pakaian desain para peserta sendiri.

Selain itu juga yang paling di tunggu - tunggu oleh para penonton adalah kreasi atau variasi yang di tampilkan para peserta.

Kreasi salah satu peserta dengan bertemakan "Pakaian emak - emak"

Dari jenis variasi tersebut ada juga yang menjadikan momen ini untuk menyampaikan  kritik sosial, kritik terhadap pemerintah dan ada juga yang memang di jadikan ajang hiburan untuk mengundang gelak tawa para penonton.

Inilah puncak Momen yang paling di tunggu tunggu warga masbagik setiap momen agustusan tiba yaitu Gerak jalan gubuk. (DN/01)